“Volkspark” Kisah Kita

meditation_breathing_yoga_relax_hd-wallpaper-1426444
https://hdwallpapers.cat/wallpaper_mirror/meditation_breathing_yoga_relax_hd-wallpaper-1426444.jpg

Ini bukan mengenai siapa kamu, bukan pula mengenai siapa aku, bukan mengenai siapa kalian, bukan pula siapa mereka, tapi ini adalah kisah kita. Kita sebagai bagian dari kita. Kita yang tidak sendiri, walaupun hanya sendiri. Kita yang hadir disini karena kita. Kita yang menghadirkan kita.

Semesta itulah kita. Pohon-pohon itulah kita. Anjing-anjing itulah kita. Planet-planet dan bintang-bintang itulah kita. Lautan, hutan, gunung, langit, tanah itulah kita. Surga dan neraka, bila memang mereka eksis, itulah kita. Manusia dan Tuhan itulah kita.

Kita bukanlah sistem politik, ekonomi, budaya. Kita bukanlah suatu norma, pendidikan, agama, teknologi. Kita tidak menciptakan, kita tidak dijadikan. Kita adalah kita yang telah ada sejak awal mula. Kita bersatu dalam satu harmoni membangun satu sinergi. Satu disini hanyalah ketunggalan. Tidak ada yang terlepas dan tidak ada yang menggabungkan diri karena kita sebenarnya satu.

Kita bersama sedih karena kita, kita senang karena kita, kita bertanya karena kita, kita menjawab karena kita. Semua pertanyaan ada dalam kita, semua jawaban pun ada dalam kita. Semua hal yang menakutkan itulah kita dan semua yang takut itu pun kita.

Si pohon beringin pun bertanya, „ Kenapa aku merasakan sakitnya ditebang, sedangkan mereka merasakan kebahagiaan menebang? Bukankah katamu kita adalah kita yang satu?“

Semesta pun menjawab, „Kita di masa depanlah yang akan merasakan kesakitan yang kamu rasakan saat oksigen yang merupakan bagian kita mulai berkurang. Itulah satu-satunya hukum kita yang sering disebut hukum alam.“

Semesta yang sama pun menambahi, „Janganlah kita iri dan merasa tidak adil karena saat ini ada kita yang menderita. Hukum kita adil. Semua akan adil dan sesuai porsinya seiring dengan waktu. Walaupun menurutku waktu itu tidak begitu eksis, tak ada awal, tak ada akhir, tak ada saat ini, tak ada saat nanti.”

Volkspark-Halle, 15 Juli 2013

14:12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s